Rabu, 24 November 2010

For Muhasabah


  • “Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yg) hingga apabila datang ajal kepada seseorang diantara mereka, (barulah) ia mengatakan : “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang” Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih” (QS. Annisa : 18)

    • “Barangsiapa yang pernah melanggar kehormatan saudaranya atau kedzaliman lainnya maka hendaklah ia meminta maaf darinya sekarang sebelum (datang hari) yang saat itu tidak berlaku lagi dinar  dan dirham. (Pada hari itu) jika  ia memilki amal shaleh, maka amal tersebut akan diambil darinya sesuai dengan besar kedzaliman yang telah ia lakukan dan apabila ia tidak memiliki amal shalih maka dosa orang yang ia dzalimi akan diambil dan dibebankan kepadanya” (HR. Al Bukhari)

        • Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak Allah dalam dirinya (tidak berdzikir) maka Allah akan menanamkan 4 macam penyakit :
        1.       Kebingungan yang  tiada putus-putusnya
        2.       Kesibukan yang tidak pernah ada ujungnya
        3.       Kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi
        4.       Khayalan yang tidak berujung
                   (Hadist Shahih riwayat Imam Muslim)
        •             Berqurban adalah ibadah sosial yang sangat mulia, namun…”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak mencapai (keridhoan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya ” (QS. Al-Hajj : 37)

          • Dari Anas ra bahwasanya Rasulllah SAW bersabda, “Jika Allah menguji seorang hamba Muslim pada jasadnya, maka Allah berfirman kepada malaikat, “Tulislah untuknya amal shalih yang telah dilakukannya, jika  dia sembuh maka ujian itu akan mencuci dan membersihkannya , jika dia meninggal maka dia akan diampuni dan diberi rahmat” (HR. Ahmad)

          • Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang mengucapkan  “Laa ilaahaillalloh” yang pernyataannya itu semata-mata karena menginginkan wajah Allah (HR. Bukhori Muslim)

            • “….dan barangsiapa yang bartaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizqi dari arah yang tidak disangka-sangkanya.  Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah  akan mencukupkan (keperluan)nya …” (QS. At Thalaq : 2-3)

            • Bacalah dua bunga bunga Al-Qur’an (Al Baqoroh dan Ali Imran) karena  keduanya pada hari kiamat akan datang laksana dua gumpal awan yang menaungi orang yg membacanya. Bacalah  surat Al-Baqoroh. Surat itu mendatangkan berkah, menepis kerugian dan menangkal sihir (Sabda Nabi SAW, HR. Muslim)

              Tidak ada komentar:

              Posting Komentar